Polsek Blangkejeren himbau Warga bila membuka lahan tidak membakar hutan dan lahan

0

www.tribratanewspolresgayolues.com_Kepolisian Sektor Blangkejeren Polres Gayo Lues melaksanakan kegiatan Sosialisasi Hukum tentang KARHUTLA kepada masyarakat Desa Kendawi Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues. Kamis (02/07/2020).

Kegiatan Sosialisasi Hukum tentang KARHUTLA ini langsung dipimpin oleh Kapolsek Blangkejeren AKP Suwandi didampingi oleh Kanit Reskrim Aipda Hendri,S.H, Kasium Aipda Joko Ansari,S.H, Kanit Intelkam Aipda Yunadi, Kanit Binmas Bripka Marhaban Waladi.

Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan,S.I.K.,M.Si. melalui Kapolsek Blangkejeren AKP Suwandi mengatakan “Kegiatan Sosialisasi untuk memberikan gambaran kepada lapisan masyarakat Desa Kendawi Kecamatan Dabun Gelang Kabupaten Gayo Lues untuk mengetahui dasar hukum dalam tindak pidanan Pembakaran hutan dan lahan”. Kata Suwandi.

Kapolsek Blangkejeren AKP Suwandi dalam sambutannya mengatakan :

  • Kami berharap kepada masyarakat Kampung Palok ini agar tidak membakar hutan dan lahan sembarangan karena untuk saat ini setiap ada terjadi kebakaran akan terpantau di satelit melalui aplikasi yang saat ini sudah miliki setiap anggota Polri.
  • Kebakaran hutan akan mengakibatkan berbagai kerusakan dalam aspek kehidupan, serta dampak kebakaran hutan mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan menyebabkan banyak permasalahan.
  • Permasalahan ini bukan hanya semata-mata tanggung jawab TNI dan polri tapi kita semua harus peduli karena tidak mungkin kita berharap kepada orang lain yang menjaga lingkungan kalau kita sendiri tidak peduli.
  • Ancaman hukuman dari pembakaran hutan/lahan ini sangat berat yakni dengan pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak 5 milyar.
  • Pada kesempatan ini juga perlu kami sampaikan tetang permasalahan Nasional yang sedang berkembang saat ini yaitu virus Corona, berkaitan dengan hal tersebut kami menghimbau kepada kita semua tidak perlu panik dan kawatir yang berlebihan.
  • Sampai saat ini mamang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit virus Corona atau COVID-19, oleh sebab itu cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan terinfeksi virus ini, yaitu :
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas.(tris_LND).
Share.

About Author

Leave A Reply