BPBD GAYO LUES GELAR RAPAT BERSAMA POLRES GAYO LUES

0

www.tribratanewspolresgayolues.com_Kepolisian Resor Gayo Lues menghadiri rapat koordinasi tindak lanjut tentang penanganan KARHUTLA di Kabupaten Gayo Lues yang bertempat di Gaterbas Cafe Desa Lempuh Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues yang membahas tentang Penanggulangan KARHUTLA yang terjadi di Wilayah Hukum Polres Gayo Lues tahun 2020 bersama unsur TNI, POLRI, BPBD Kabupatrn Gayo Lues dan Perwakilan KPH5 Aceh.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan, S.I.K., M.Si., Wakapolres Gayo Lues Kompol Andiyano, S.K.M., Mewakili Dandim 0113/GL Danramil Kutapanjang Kapten Kav. Parji, Kabagops Polres Gayo Lues AKP Saleh Amri, Kabagren Polres Gayo Lues Kompol Masri J, Kasat Binmas AKP Agam Suprapto, Kasat Intelkam Polres Gayo Lues Iptu Henry Suparto, Danki 4 Yon C Por Iptu Faisal, Kasie Pengelolaan KPH5 Aceh Zulhamuddin Arbi, S.Hut dan Kadis BPBD Sdra Suhaidi serta insan pers.

Kapolres Gayo Lues dalam sambutannya mengatakan :
-Karhutlah saat ini bukan lagi permasalahan kecil akan tetapi sudah menjadi masalah nasional dan menjadi perhatian khusus Presiden, Panglima TNI dan Kapolri.

Untuk saat ini Personil Polres Gayo Lues telah diwajibkan untuk menginstal aplikasi LANCANG KUNING untuk memantau titik api (kebakaran lahan) di wilayah Kab. Gayo Lues.

Diharapkan juga kepada para hadirin agar dpt menginstal aplikasi tersebut dan mendaftar sebagai relawan untuk ikut memantau dan melakukan upaya pemadaman apabila terjadi kebakaran lahan di Kab. Gayo Lues.

Saya berharap kepada seluruh hadiri yg hadir agar lebih sering memberikan himbauan kepada masyarakat agar kedepannya jgn lagi membuka lahan perkebunan dengan cara membakar hutan.

Kita berharap upaya hukum adalah upaya terakhir yg kita terapkan kepada pelaku pembakar hutan, oleh karena itu saya sangat berharap kontribusi dari para peserta rapat yg hadir untuk memberikan solusi. Pemdakab Gayo Lues diharapkan membuat SOP khusus untuk penanganan KARHUTLA.

Kadis BPBD Kab. Gayo Lues (Suhaidi) mengatakan :

  • BPBD telah membuat Posko Bersama di kantor BPBD sebagai tempat berkumpul untuk membahas Karhutla.
  • Telah dibuatkan grup Whatsapp untuk penanggulangan Karhutla sebagai media koordinasi bersama yg beranggotakan unsur terkait dalam penanganan Karhutla seperti TNI, Polri, Pemda Kab. Gayo Lues (BPBD).
  • Pendanaan khusus untuk Karhutla tidak ada dianggarkan di Dinas BPBD namun kedepannya akan di upayakan.
  • Untuk peralatan saat ini BPBD memiliki mesin sedot air serta selang yg berukuran panjang 300 meter yang dapat digunakan saat terjadinya kebakaran lahan.

KPH5 Aceh (Zulhamuddin Arbi) mengatakan :

  • di KPH 5 ada tim khusus yg telah dibentuk berkekuatan 21 org bernama tim Manggala, tim tersebut dibentuk khusus untuk penanganan Karhutla jadi apabila terjadi kebakaran lahan kpd Bapak Kapolres dapat memberdayakan Tim ini 24 jam.
  • KPH5 Aceh memiliki 6 unit alat semprot gendong yang dapat digunakan untuk pemadaman api apabila lokasi terjadinya kebakaran lahan tdk dapat dijangkau oleh mobil pemadam.

Adapun Hasil Rapat tersebut adalah :

  • Akan dibentuk tim khusus yg beranggotakan personil Koramil, Polsek, KPH5, BPBD dan TNGL untuk penanganan karhutyla di tiap-tiap Kecamatan di Kabupaten Gayo Lues.
  • akan dilakukan pelatihan khusus dengan mengundang para Camat, para Kapolsek, para Danramil, para Penghulu sekabupaten Gayo Lues serta unsur terkait tentang pencegahan dan penanganan Karhutla di Gedung Balai Musara pada Kamis 17 Maret 2020.(Humas_galus)
Share.

About Author

Leave A Reply